Contact Form

 

5 Hal Unik tentang Sejarah Nomor Pemain Sepak Bola


Pemain sepak bola sangat dikenal dengan nomor punggungnya, bahkan sudah menjadi hal yang umum jika seorang kiper menggunakan nomor 1, seorang pemain sayap menggunakan nomor 7, dan seorang penyerang menggunakan nomor 9. Berikut ini kami rangkum 5 hal unik tentang sejarah nomor pemain sepak bola, sebagai berikut :

1. Chelsea dan Arsenal
Nomor punggung pertama kali digunakan pada tanggal 25 Agustus 1928. Saat itu, klub Chelsea dan Arsenal yang pertama kali menggunakan nomor punggung pada pemainnya saat bertanding melawan The Wednesday (Sheffield Wednesday) serta Swansea Town di hari yang sama.
Setelah kejadian tersebut, Inggris memutuskan memberlakukan nomor punggung sebagai bentuk permanen dari kostum pesepakbola. Awalnya, sebelas pemain starting memakai pakaian bernomor punggung yang dirunut dari angka 1 hingga 11, dan seorang pemain dapat menggunakan nomor punggung berbeda dalam satu musim.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


2. Nomor 1, 7, dan 9
Pada saat itu, secara umum para penjaga gawang memakai nomor punggung 1. Kesepakatan tak tertulis ini nyaris diterima secara universal. Bek atau pemain belakang mengunakan nomor 2 dan 6. Para gelandang kebanyakan memakai nomor 4, 6, 7, 8, 10, serta 11 (nomor 11 dan 7 secara tipikal digunakan para pemain sayap kiri dan kanan). Sementara para striker suka menggunakan nomor 9 dan 10, dan kadang nomor 7, 8, serta 11.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


3. Nomor 12 hingga 22
Pemakaian nomor punggung yang ditetapkan secara pasti pada tiap pemain dalam sebuah skuad diperkenalkan pada Piala Dunia 1954. Setiap pemain dari masing-masing negara yang masuk daftar 22 pemain memakai nomor punggung tertentu dan sama sepanjang turnamen berlangsung.
Sistem pergantian pemain diperkenalkan dalam sepakbola di tahun 1965, pemain cadangan mengambil nomor punggung 12 dan seterusnya. Hasilnya, nomor punggung 12 hingga 22 bisa diberikan pemain lainnya di dalam skuad, tanpa perlu memperhatikan posisi pemain bersangkutan di lapangan.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


4. Nomor Favorit
Setalah tahun 1965, sebuah tim dapat memasukkan pemain sebagai starter tanpa perlu mengutamakan pemain bernomor punggung 1 hingga 11. Meski nomor punggung 1 sampai 11 cenderung diberikan pada para pemain inti, faktanya pemain boleh memilih angka yang digemari. Contohnya Johan Cruyff yang bersikeras menggunakan nomor 14.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)


5. Timnas Argentina
Pada Piala Dunia 1978 dan 1982, timnas Argentina mencoba tampil beda. Mereka mengurutkan sesuai nama sang pemain secara alphabet. Hasilnya, para pemain di bangku cadangan (bukan kiper) dapat menggunakan nomor punggung 1. Kejadian ini mengakibatkan Badan Sepak bola Dunia (FIFA) akhirnya menelurkan regulasi hanya kiper yang boleh memakai nomor punggung 1.(**)
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Total comment

Author

Sandy Afrian

0   komentar

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Saya.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentarnya, baik itu ucapan Terima Kasih atau kritik....

dan juga jika ingin mencopas artikel ini sertakan sumbernya :)

Cancel Reply
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini Semoga Apa Yang Saya Sampaikan Bermanfaat
Powered by Blogger.