Contact Form

 

Istilah Istilah Dalam Naruto

  Karakter Naruto dalam bentuk Chibi
  
Tidak lengkap rasanya jika kita mengenal cerita Naruto tanpa mengetahui istilah-istilah yang ada dalam manga maupun animenya, yap langsung aja mulai penjelasannya

Anime
Anime (¢Ëá) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.

Chibi 
Chibi (as, juga bisa ditulis ¿s) adalah kata Bahasa Jepang yang berarti "orang pendek" atau "anak kecil". Kata ini populer di kalangan penggemar manga dan anime. Arti kata ini adalah seseorang yang pendek/kecil. Biasanya Chibi digambarkan dengan kepala yang besar dan badan yang kecil.

Fanart
Gambar yang dibuat oleh Fans (tidak resmi) yang terinspirasi tokoh anime/manga tertentu.

Fanfic
Cerita yang dibuat oleh Fans (tidak /resmi), bisa berhubungan/sejalan dengan alur waktu cerita asli, bisa pula berbeda jauh dengan cerita asli, cerita di dunia paralel, menambah tokoh, dsb.

Fanservice
Materi2 atau gambar yang muncul dalam manga atau anime, yang sebenarnya tidak berhubungan dengan jalan cerita, tapi ditampilkan untuk memuaskan pembaca.

Filler
Cerita di dalam sebuah Anime yang tidak ada dalam Manga nya. Atau berarti cerita sisipan/tambahan untuk menjaga agar Anime tidak mendahului Manga, karena plot utama cerita ada di Manga.

MAD
Video remix kreatif yang dibuat oleh fans, biasa berupa parodi dari suatu anime, bisa dari ED/OP anime tersebut, ED/OP anime lain yang digabungkan, dari video musik lain, atau bahkan tanpa music dan hanya berupa cuplikan gambar/adegan dan efek2.

Manga
Manga (+;) (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.

Karena pada dasarnya kedua kata Manga dan Komik adalah sama-sama untuk merujuk arti kepada buku komik, perbedaan yang paling jelas antara sebutan untuk manga dan komik tersebut adalah untuk pembedaan pengelompokan, di mana manga lebih terfokus kepada komik-komik Jepang (kadang juga termasuk Komik Komik Asia), dan komik lebih kepada komik-komik buatan Eropa/Barat, namun keduanya memiliki arti/maksud yang sama atau sebenarnya tidak ada perbedaan.

Mangaka
Mangaka(+;¶) (baca: man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka) adalah orang yang menggambar manga.
 

OVA (Original Video Animation) 
Sebuah istilah di Jepang untuk menyebut sebuah atau serangkaian anime yang dipublikasikan langsung ke dalam format video tanpa didahului penyiaran di televisi ataupun bioskop. 

OAD (Original Animation DVD)
Hampir sama seperti OVA, OAD adalah istilah untuk anime yang dipublikasikan ke dalam kepingan DVD. Istilah OAD muncul setelah anime mulai jarang dipublikasikan ke dalam format VHS video dan mulai berkembang ke Laser Disc, CD dan kemudian DVD. Namun dalam perkembangannya hingga saat ini, istilah OVA tetap lebih populer digunakan.

ONA (Original Net Animation)
Anime yang tidak dipublikasikan lewat televisi, namun disebarkan pada media Internet melalui situs streaming.

  
Omake
Corat coret gambar atau kata-kata dari pengarang di akhir tankoubon, biasanya tidak berhubungan langsung dengan alur cerita. Dari namanya juga, Omake artinya Bonus.

RAW

Raw bukan singkatan. RAW adalah istilah yang digunakan untuk manga atau anime yang masih Raw (mentah), jadi masih pakai bahasa jepang misalnya untuk manga, atau belum ada subtitle-nya untuk anime.


Tankoubon
Manga yang diterbitkan per volume / jilid, seperti yang biasa diterbitkan di Indonesia (FYI, di Jepang beberapa judul manga diterbitkan per chapter dalam satu majalah tertentu, apabila sudah terkenal, baru dibuat versi tankoubon-nya). 
 
Crossover
Atau bisa disebut anime cosplayyaitu character anime yang menggunakan kostum character anime lainnya. Dalam Fanfiction, Crossover juga bisa diartikan sebagai penggabungan dari Cerita A dengan Cerita B dan tidak ada yang saling dominan satu sama lain.

Total comment

Author

Sandy Afrian

0   komentar

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Saya.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentarnya, baik itu ucapan Terima Kasih atau kritik....

dan juga jika ingin mencopas artikel ini sertakan sumbernya :)

Cancel Reply
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini Semoga Apa Yang Saya Sampaikan Bermanfaat
Powered by Blogger.