Contact Form

 

Bukit Sejuta Salib

Inilah situs sejarah kebanggaan di Lithuania, Hill of Crosses yang juga menjadi tujuan ziarah umat Kristiani, 12 km sebelah utara kota Siauliai, Lithuania Utara. Sesuai namanya, bukit kecil ini penuh dengan berbagai salib.

Tidak diketahui sejak kapan dan bagaimana sejarah pastinya sehingga begitu banyak salib di tempat ini. Diperkirakan ada lebih dari 100.000 salib di Hill of Crosses.
 
Banyak cerita beredar tanpa sumber sejarah yang shahih, dan akhirnya menjadi legenda tentang asal-muasal Hill of Crosses. Salah satu kisah menyebut di abad 13 ketika mayoritas penduduk memeluk kepercayaan pagan, mereka membakar sebuah gereja di tempat itu. Setelah peristiwa tersebut, Hill of Crosses jadi simbol peringatan dan mulailah orang-orang datang membawa salib serta meletakkannya di tempat tersebut.

Pada tahun 1831 dan 1863, ketika pemberontakan anti-Soviet terjadi, para peziarah semakin banyak yang berduyun-duyun ke bukit ini. Namun ketika Uni Soviet berkuasa, pemerintah berusaha meratakan Hill of Crosses sebanyak tiga kali sekaligus menggali parit di sekitar bukit sebagai upaya menghentikan para peziarah berdatangan.

Di masa rezim komunis, penanaman salib merupakan tindak kejahatan dan mendapat ancaman dihukum berat. Nyatanya, orang tak ada yang peduli dan tetap berziarah ke Hill of Crosses. Barulah setelah Soviet runtuh di tahun 1991 dan kem, Hill of Crosses menjadi situs kebanggaan nasional Lithuania.

 



Total comment

Author

Sandy Afrian

0   komentar

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Saya.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentarnya, baik itu ucapan Terima Kasih atau kritik....

dan juga jika ingin mencopas artikel ini sertakan sumbernya :)

Cancel Reply
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini Semoga Apa Yang Saya Sampaikan Bermanfaat
Powered by Blogger.