Contact Form

 

Anime Review : Shingeki no Kyojin (Anime Terbaik 2013)





Beberapa ratus tahun yang lalu, umat manusia hampir punah karena serangan Titan. Para Titan dengan memiliki tinggi berkali lipat dari manusia dan tampak tidak memiliki kepintaran ini ingin memusnahkan untuk tujuan kesenangan semata, bukan untuk menjadi bahan makanan. Kemudian manusia membuat tembok raksasa untuk memisahkan Titan dan manusia.

100 tahun berlalu semenjak tembok dibentuk, tidak terlihat penampakan Titan yang mengganggu kesejahteraan manusia. Sampai suatu saat satu raksasa yang memiliki tinggi lebih dari tembok datang dan menghancurkan tembok. Eren Jaeger dan saudari angkatnya ; Mikasa Ackerman harus melihat ibu mereka dimakan oleh Titan, semenjak saat itu Eren bersumpah untuk memusnahkan Titan dari muka Bumi agar manusia dapat hidup dengan damai.


Sinopsis

Eren Jaeger, pemuda yang kehilangan ibunya pada saat Titan menyerang Wall Maria, bersama saudari angkatnya ; Mikasa Ackerman berhasil lulus sekolah militer. Cita-cita masa kecil Eren untuk memusnahkan setiap Titan yang ada di muka Bumi membuatnya lulus sebagai salah satu lulusan trainee ke-104 terbaik bersama Mikasa. Karena cita-citanya ia memilih masuk dalam Scout Legion, divisi yang bertanggung jawab untuk melakukan ekspedisi keluar tembok untuk mencari informasi sekecil apapun agar umat manusia bisa selamat dari para Titan

Mikasa yang sedari kecil hidup bersama Eren juga memilih Scouting Legion, berbeda dengan Eren, Mikasa memilih Scouting Legion karena ia hanya ingin menjaga Eren yang merupakan keluarganya satu-satunya. Karena mereka berdua merupakan salah satu lulusan terbaik (dan Mikasa adalah lulusan paling baik) lamaran mereka masuk Scouting Legion langsung diterima. Namun tidak ternyata misi mereka dalam militer adalah menjaga para warga kota saat Titan raksasa, Titan yang menghancurkan desa mereka kembali menyerang desa setelah lima tahun.

Bisakah Eren memenuhi cita-citanya untuk memusnahkan setiap Titan yang ada di muka Bumi?


Karakter

Eren Jaeger

Anak dari Dr. Jaeger yang sudah dianggap penyelamat di desanya. Pada saat serangan Titan datang, sang ayah sedang meninggalkan rumah dan ia harus melihat ibu kandungnya dimakan Titan hidup-hidup. Semenjak saat itu Eren bersumpah bahwa ia akan membunuh setiap Titan yang ada di muka Bumi.

Sedari kecil Eren kerap terlibat dengan perkelahian, biasanya ia berkelahi demi menyelamatkan sahabatnya Armin. Ketika masuk militer Eren mungkin bukan yang terbaik dalam hal teori dan taktik, namun ia merupakan salah satu murid lelaki terbaik dalam pertarungan tangan kosong maupun menggunakan senjata, tentunya masih dibawah Mikasa.

Mikasa Ackerman


Lulusan terbaik dengan nilai rata-rata terbaik diantara trainee angkatan ke-104 ini merupakan saudari angkat Eren. Mikasa yang dipungut keluarga Jaeger sejak kecil karena kedua orangtuanya telah meninggal ini begitu perhatian terhadap Eren, bahkan ia selalu mengenakan scarf pemberian Eren pada masa kecil.

Selain unggul dalam teori dan pertempuran, Mikasa juga tidak terlalu peduli dengan masa depannya. Bagi Mikasa, selama ia bisa berada di sisi Eren dan melindungi saudara angkatnya itu hidupnya telah sempurna. Mikasa juga memilih masuk ke Scouting Legion karena Eren masuk divisi itu.


Armin Arlett

Teman masa kecil Eren dan Mikasa ini merupakan ahlinya dalam bidang perencanaan taktik dan teori, meskipun nilainya dalam pertempuran pas-pasan. Ia juga masuk Scouting Legion karena ingin bersama kedua sahabat masa kecilnya. Armin memang terlihat tidak berguna dalam pertempuran melawan Titan, namun ia selalu punya ide cemerlang untuk menyelamatkan kedua sahabatnya itu.

Armin begitu dekat dengan Eren dan Mikasa karena ketika ia masih kecil, Armin merupakan orang yang gampang ditindas oleh teman-temannya, saat itu, hanya Eren dan Mikasa yang mau datang dan bermain bersama dirinya.


Ensiklopedi

Titan

Titan adalah makhluk raksasa yang diceritakan akan membawa umat manusia dalam kepunahan. Mereka membunuh/memakan umat manusia bukan karena rasa ingin makan, namun lebih kepada kesenangan belaka. Untuk beberapa alasan para Titan ini juga mengabaikan makhluk lain selain manusia.

Tinggi para Titan beragam, ada yang "hanya" 3 meter, 10 meter, 15 meter sampai yang paling tinggi mencapai 50 meter. Beberapa Titan terlihat tidak memiliki kepintaran, namun ada tipe "eviant" yang terlihat memiliki kepintaran dan mampu menyerang dengan sebuah pola serangan.

Titan memiliki bentuk tubuh mirip manusia, hanya saja mereka tidak memiliki organ reproduksi. Untuk membunuh Titan, seseorang harus menebas bagian dibelakang leher mereka, karena hanya itu satu-satunya cara membunuh Titan.

Scouting Legion

Scouting Legion merupakan divisi militer yang bertugas untuk mempertaruhkan nyawa mereka demi melakukan ekspedisi ke daerah para Titan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana mengalahkan Titan. Para anggota Scouting Legion merupakan anggota paling mahir bertempur menggunakan alat manuver tiga dimensi yang dikembangkan manusia untuk melawan Titan.

Bagi penggemar manga seperti Mirai Nikki, Deadman Wonderland atau Hellsing, maka Shingeki no Kyojin ini dapat dikategorikan sebagai must-favourite-anime

Jangan menganggap anime ini tidak sepenuhnya bagus kalau kamu belum pernah menontonnya

Download Videonya 

Episode 1 mp4


eps 2

eps 3

eps 4
mp4 3gp

eps 5



Episode 8 

Total comment

Author

Sandy Afrian

0   komentar

Post a Comment

Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Saya.
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentarnya, baik itu ucapan Terima Kasih atau kritik....

dan juga jika ingin mencopas artikel ini sertakan sumbernya :)

Cancel Reply
Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Ini Semoga Apa Yang Saya Sampaikan Bermanfaat
Powered by Blogger.